Rabu, 20 Agustus 2014

Tugas



Findianawidyaa.blogspot.com

        Assalamualikum perkenalkan nama saya Findianawidya Almarizza panggil saja dengan Pindi..
saya lahir di Trenggalek pada tanggal 30 Maret 1995. Saya ambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Saya memiliki adik perempuan yang bernama Ima, dia sekarang sudah kelas 6 SD, Saya anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya bernama Zarkasi  dan  Ibu saya bernama  Sriwidayati,                      

Tips  Menyisipkan file Drive (desktop):

Untuk menyisipkan file menggunakan Google Drive di desktop, Anda harus menggunakan fitur tulis dan balas baru Gmail.
  1. Arahkan kursor ke ikon di bagian bawah jendela penulisan, yang akan membuka menu sisipkan. insert menu plus icon di bagian bawah jendela penulisan, yang akan membuka menu sisipkan. (Ingatlah bahwa Anda harus menggunakan fitur tulis dan balas baru Gmail untuk menyisipkan file menggunakan Google Drive).
  2. Klik ikon Google Drive insert from Drive. Di jendela yang muncul, Anda dapat mengunggah file ke Google Drive, serta menavigasi ke atau menelusuri file yang Anda simpan di Drive. Untuk file yang disimpan di Drive, centang kotak di samping file yang ingin disisipkan. Jika Anda tidak memiliki file pada Drive, kunjungi drive.google.com untuk membuat, menyinkronkan, atau mengunggah file tersebut.
  3. Klik tombol Sisipkan/0}.
Gmail selanjutnya menambahkan tautan ke pesan Anda agar penerima dapat mengeklik tautan untuk melihat file Anda.

Menyisipkan file Drive (Android):

  1. Sentuh ikon Menu (tiga titik abu-abu, atau tombol menu pada perangkat).
  2. Sentuh Sisipkan dari Drive.
  3. Cari dan sentuh item yang ingin Anda lampirkan.
  4. Sentuh Pilih di sudut kanan bawah.
  5. Anda kemudian akan melihat file tersebut sebaris di dalam pesan.

Menyisipkan file Drive (iOS)

  1. Mulai menulis email.
  2. Sentuh ikon penjepit kertas.
  3. Sentuh Sisipkan dari Drive.
  4. Pilih file yang ingin dikirim.
  5. Jika file Drive tidak dibagikan dengan orang-orang yang Anda kirimi email, Anda akan melihat kotak yang menanyakan apakah Anda ingin mengubah izin, setelah menyentuh tombol Kirim. 
    TRENGGALEK
     

Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Trenggalek kota. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa.[2] Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo; Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung; Sebelah selatan dengan pantai selatan; dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.


Makna Lambang

    Trenggalek coat of arms.png
  • Sudut Lima Perisai
Mengingatkan kita pada kelima unsur-unsur yang tercantum pada Pancasila, maksudnya rakyat Trenggalek menerima Pancasila sebagai Dasar Negara. Warna Dasar Hijau berarti ketentraman, maksudnya rakyat Trenggalek seperti yang dilambangkan ialah berada dalam ketentraman.
  • Selendang Warna Dasar Merah, berhuruf Putih
Mengingatkan kita kepada Sang Dwiwarna ialah keberanian yang berdasarkan kepada kesucian untuk mencapai apa yang termaksud dalam semboyan lambang Jwalita Praja Karana (ialah cemerlang karena rakyat)
  • Padi dan Kapas
Yang berarti lambang kemakmuran sandang dan pangan maksudnya rakyat Trenggalek bercita-cita untuk tidak kurang sandang pangan.
  • Lingkaran Artinya Kebulatan
Warna merah artinya berani, Rantai artinya persatuan, Warna Putih artinya Suci, Rantai dan Lingkaran maksudnya rakyat Trenggalek cinta kepada persatuan yang bulat/utuh. Warna Merah dan Putih menunjukkan sifat rakyat Trenggalek yang berani karena benar.
  • Padi 17 Butir, Kapas 8 Buah Rantai 45 Buah
Mengingatkan kepada hari lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.
  • Kantil Tegak Artinya Bangunan
Warna Hitam artinya kokoh/kuat, Warna Putih artinya cinta, Tonjolan tiga adalah trilogi artinya rakyat Trenggalek tetap berpegang teguh kepada : 1. Pancasila 2. Undang-Undang Dasar 1945 3. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
  • Bintang
Ialah lambang Ketuhanan Yang Maha Esa, maksudnya rakyat Trenggalek mempunyai kepercayaan kuat kepada Agama yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, berwarna kuning emas, berati Kebesaran/Keagungan Tuhan.

Geografi

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang ada di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/17/Locator_kabupaten_trenggalek.png

Pemerintahan

Kabupaten Trenggalek terdiri dari 14 kecamatan yaitu:
  1. Bendungan
  2. Dongko
  3. Durenan
  4. Gandusari
  5. Kampak
  6. Karangan
  7. Munjungan
  8. Panggul
  9. Pogalan
  10. Pule
  11. Suruh
  12. Trenggalek
  13. Tugu
  14. Watulimo

Komoditi

  • Pertanian : padi, jagung, singkong, kedelai, kacang.
  • Perkebunan: tebu, cengkeh, tembakau, durian, salak, manggis, rambutan, duku.
  • Industri: kecap, sirup, tapioka, pengeringan ikan, batik, makanan ringan, terpentin, rokok, sawmill, bahan bangunan, genteng, tahu dll.

Budaya dan Pariwisata

 

Trenggalek mempunyai banyak tempat peristirahatan dan tempat wisata yang mempunyai keindahan yang masih asli belum terubah oleh keadaan zaman, misalnya goa, pantai, dan pegunungan yang asri.
  1. Gua Lawa. Merupakan salah satu gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara.
  2. Pantai Prigi. Pusat pariwisata dan perekonomian warga Kecamatan Watulimo. Terdapat tempat pelelangan ikan dan merupakan Pelabuhan Nusantara.
  3. Pantai Pasir Putih. Kurang lebih 2 km dari Pantai Prigi. Terkenal karena pasirnya yang putih bersih.
  4. Pantai Pelang. Pantai yang terletak di Kecamatan Panggul ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Memiliki air terjun dan pulau kecil-kecil yang indah.
  5. Larung Sembonyo. Upacara adat pesisir yang selalu menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik. Diadakan setahun sekali di Pantai Prigi.
  6. Pantai Blado. Terletak di Kecamatan Munjungan, merupakan tempat wisata alami yang berada di arah Selatan dari Kota Trenggalek, Yang terkenal dengan pusatnya tanaman Cengkih dan Durian.
  7. Upacara Dam Bagong. Diadakan setiap tahun sekali dengan mempersembahkan kepala kerbau untuk di larung di Kali Bagong.
  8. Candi Brongkah. Merupakan candi yang berisi sejarah asal usul Trenggalek.
  9. Alun-alun Kota. Sarana rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi warga Trenggalek, terutama pada malam minggu, serta pada hari hari menjelang proklamasi kemerdekaan RI dimana di alun alun kota trenggalek diadakan bazaar dan taman hiburan rakyat yang dapat menghibur anak anak maupun orang dewasa
  10. Tari Turangga Yaksa. Merupakan tarian khas Kabupaten Trenggalek.

Sejarah  

Salah satu tokoh terkenal di Trenggalek adalah Dyan Arya Menak Sopal lebih dikenal dengan nama Menak Sopal, salah seorang bupati atau penguasa Trenggalek. keterangan resmi mengenai Menak Sopal belum banyak ditulis, akan tetapi situs berupa makam dapat dijumpai di dusun Bagong, kelurahan Ngantru, kecamatan Trenggalek. Menak Sopal dikenal sebagai pahlawan bagi kaum tani di Trenggalek, usahanya untuk membangun sebuah dam atau waduk beserta saluran irigasi yang menyertainya berkembang menjadi sebuah legenda yang mengiringi tradisi sedekah bumi yang sampai saat ini dilaksanakan oleh kaum tani di kelurahan Ngantru pada bulan Sela. konon, saat membangun waduk tersebut, Menak Sopal dan pengikutnya mengalami kesulitan karena selalu saja bangunan yang membendung kali Bagong itu jebol. setelah bertapa beberapa hari akhirnya, Menak Sopal mengetahui jika penyebab jebolnya bangunan waduk tersebut karena ulah siluman bajul putih yang menguasai sungai tersebut. setelah bertemu dengan siluman bajul putih, akhirnya sang siluman bersedia untuk tidak mengganggu pekerjaan besar Menak Sopal dengan meminta tumbal seekor gajah yang berkulit putih pula. singkat cerita dengan sedikit tipu muslihat, Menak Sopal berhasil menyediakan tumbal Gajah Putih kepada Bajul Putih. Untuk diketahui pemilik Gajah Putih di daerah Wengker hanya ada satu orang yaitu seorang janda di daerah Ponorogo.

Klub/Tim Olahraga

Persiga (singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Trenggalek) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Trenggalek. Persiga Trenggalek saat ini berlaga di Liga Indonesia Divisi 3 dan sedang dipromisikan menuju Liga Indonesia Divisi 2. Persiga Trenggalek juga mempunyai julukan Laskar Gajah Putih, adalah hewan yang ada di cerita Menak Sopal sebagai tokoh ternama di Trenggalek. Oleh karena itu diberi julukan kepada Persiga Trenggalek. GALAK MANIA adalah supporter setia dari Persiga Trenggalek.

Potensial Tambang Emas

 

Berdasarkan website dari ARC Exploration (perusahaan pertambangan Australia yang berfokus explorasi kekayaan alam di Indonesia)[3] terdapat kandungan mineral emas dan perak berkualitas tinggi di daerah Sentul, Kojan, Buluroto. Perusahaan ini telah melakukan test untuk mengkonfirmasi potensial ekonomi dari kandungan emas. Mereka akan membangun tambang emas yang merupakan kerjasama dengan P.T. Sumber Mineral Nusantara (SMN), dengan hasil bagi 95% untuk ARC Exploration.

Catatan kaki

  1. ^ "Perpres No. 10 Tahun 2013". 2013-02-04. Diakses 2013-02-15.
  2. ^ Potensi Pariwisata dan Produk Unggulan Jawa Timur, hal 72
  3. ^ ARC Exploration: Trenggalek Project

Pranala luar



 ==>Tentang Muhammadiyah.
 

Muhammadiyah adalah organisasi yang didirikan oleh KHA. Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 atau 18 Nopember 1912 di Yogyakarta.  Ada beberapa alasan yang sering dikemukakan oleh kalangan Muhammadiyah  yang menyebab kan KHA. Dahlan mendirikan organisasi ini adalah sbb :

1. Beliau melihat bahwa umat Islam tidak memegang teguh Al Quran dan As Sunnah dalam beramal dan bertauhid sehingga takhayyul, khurafat, bid’ah dan syirik meraja- lela, akhlak masyarakat runtuh. Akibatnya amalan-amalan mereka bercampur baur antara yang benar dan yang salah.

2.     Lembaga-lembaga pendidikan yang ada pada masa itu tidak efisien. Pesantren yang menjadi lembaga pendidikan kalangan bawah pada masa itu dinilai tidak sesuai lagi dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Pada waktu itu pendidikan di Indonesia terpecah dalam dua model, yaitu model pendidikan sekuler yang dikembangkan oleh Belanda dan pendidikan pesantren yang hany mengajarkan ilmu- ilmu agama saja. Akibatnya timbul jurang pemisah yang sangat dalam antara golongan yang mendapat pendidikan sekuler dengan golongan yang berpendidikan pesantren. Hal ini juga yang menjadi penyebab pecahnya rasa persaudaraan (ukhuwah Islamiyah) dikalangan umat Islam sendiri, yang akhirnya melemahkan kekuatan Islam.

3. Kemiskinan menimpa rakyat Indonesia yang mayoritas umat Islam yang sebagian besar adalah petani dan buruh. Orang kaya hanya mementingkan dirinya sendiri, dan banyak ulama lupa mengingatkan umatnya bahwa Islam mewajibkan zakat bagi si kaya, sehingga hak-hak orang miskin terabaikan.

4. Kebanyakan umat Islam hidup dalam fanatisme yang sempit, bertaklid buta dan berpikir secara dogmatis. Kehidupan umat Islam masih diwarnai konservatisme, formalisme, dan tradisionalisme.

5. Aktivitas misi Katolik dan Protestan sudah aktif beroperasi sejak awal abad ke 19, dan sekolah-sekolah misi itu
mendapat subsidi dari pemerintah Belanda.

Sumber: http://usmanmatematika.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-tujuan-didirikannya.html



==>Jurusan PGSD
A Visi
Menjadi program studi terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing   di tingkat lokal dan global dengan keunggulan dalam IPTEK dan   IMTAQ .
B  Misi
1)      Menyelenggarakan pendidikan di bidang ke-SDan, yang mengedepankan   Pendidikan Kesederajatan (inklusif), kemuhammadiyahan, berkualitas professional yang Islami.
2)      Menyelenggarakan penelitian di bidang IPTEK kependidikan ke SD-an, keislaman dan kemuhammadiyahan.
3)      Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggungjawab sosial berasaskan amal usaha muhammadiyah yang mengutamakan para kaum du’afa.
4)      Mejalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan ke SD-an.
C Tujuan
1)      Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) yang berkualitas, professional dan islami.
2)      Menyelenggarakan pengembangan penelitian di bidang pendidikan Ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) dan pembelajarannya dengan menggunakan metode tindakan kelas.
3)      Menghasilkan dan menyebarluaskan IPTEK di bidang ke SD-an yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.
4)    Menjalin kerjasama   (networking) dengan lembaga atau instansi yang terkait untuk meningkatkan mutu dan profesinalitas lulusan.
D Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
 
Sasaran yang ingin di capai oleh program studi PGSD sampai dengan tahun 2012 adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang efektif, sehingga terpenuhinya angka kecukupan akreditasi, dengan rincian:
  1. Tersusunya renstra program studi dan tersosialisasikan ke seluruh civitas akademika.
  2. Tersusunya kurikulum revisi yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berbasis pendidikan kesederajatan/inklusi) serta   penjabaranya ke dalam silabus setiap mata kuliah.
  3. Melaksanakan pembelajaran PAIKEM di semua kelas dengan pemanfaatan multimedia
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kualitas berkelanjutan.
  5. Menghasilkan lulusan tepat waktu dengan indeks prestasi rata-rata minimal 2,75, dan memiliki keunggulan kompetensi mengelola pembelajaran kesederajatan di sekolah  inklusi.
  6. Meningkatkan kualitas SDM program studi dengan pengiriman studi lanjut dan magang.
  7. Melaksanakan kegiatan 10 penelitian dosen tentang pembelajaran di SD
  8. penyelenggara inklusif dan SD umum
  9. Terpublikasikannya 20 karya ilmiah dosen dan mahasiswa di jurnal lokal dan Nasional.
  10. Melaksanakan 5 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Menejemen Berbasis Sekolah di SD Inklusif dan SD umum se  Malang  Raya.
  11. Menjalin kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) ”Pembina” dan Tim 
  12. Pengembang sekolah Inklusi Jawa Timur untuk peningkatan SDM dosen dan kualitas  lulusan.
E      Sosialisasi
        Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Program studi PGSD berupaya mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan sasaran dengan melakukan beberapa  kegiatan. Kegiatan yang dilakukan Program Studi PGSD adalah melalui; web, seminar, pelatihan, pengabdian  masyarakat, pembuatan buklet dan leaflet, publikasi melalui mahasiswa baik mahasiswa Reguler maupun mahasiswa PJJ PGSD berbasis ICT yang masih aktif untuk ikut serta mempublikasikan Program studi PGSD.
Sumber : http://pgsd.umm.ac.id/home.php?c=0202041202&lang=id





Tidak ada komentar:

Posting Komentar